Announcement

I HAVE START TO REMAKE THIS BLOG
but you still can read my old post (just search it)

Monday, September 27, 2010

DotA 6.68 Status Effect Review Part 1

Status-status efek dalam DotA mempunyai tipe yang bervariasi yang tidak dapat ditemukan di game lain. Bahkan saking uniknya, sering kita memperdebatkan status efek itu. Status efek adalah keadaan hero, apakah dia dipengaruhi skill, magic, aura, dan lain-lain. Letak status efek itu dibawah foto hero, lihat kata "Status :".Jika ada gambar-gambar dalam kotak status maka hero Anda sudah terkena efek.
Status efek yang paling sering kita dengar adalah stun. Di Gamenet yang riuh rendah terdegar suara lantang "STUUNNN!!!", itu artinya siap - siap hero Anda mati atau hero Anda dapat kill. Semua status efek yang ada di DotA 6.68 atau dibawahnya akan dibahas ala kulukbelog.

Pause
Pause itu adalah status efek paling kejam diantara status efek yang lain. Karena kalau sudah kena efek ini, hero Anda akan terdiam mematung. Tidak dapat mengeluarkan skill ataupun menyerang apalagi bergerak. Kelebihannya, efek pause ini dapat mempengaruhi hero yang kebal magic sekalipun. Dan uniknya lagi hanya Dark Teror the Faceless Void yang punya efek ini. Yaitu pada skill time lock dan Chronosphree-nya yang mengerikan.Blade Furry punya Yunero yang kebal magic itu dapat dipause dengan time lock Dark Teror.Namun ada juga kelemahan dibalik efek yang mengerikan itu, yaitu bila musuh mu yang mengeluarkan skill yang berefect lama, misalnya windwalk 10 detik. Dalam tenggang waktu 9 detik musuhmu windwalk, kemudian Anda mengeluarkan Chrono 5 detik. Maka musuh tidak akan terlihat walaupun sebenarnya sudah lewat 10 detik, itu karena skill Chrono membuat efek windwalk terpause selama 5 detik. Jadi ditotal 5 + 10 = 15 detik hero musuh menggunakan windwalk. Itu dapat terjadi pula saat penggunaan Blade Mail dll. Semua efek pause dapat menggagalkan Chaneling spell.
Chronospheree pause Roshan
Time Lock pause Roshan


Stun
Stun sebenarnya hampir sama dengan pause. Tapi bedanya stun tidak mempengaruhi hero yang kebal magic. Hero tidak dapat menyerang, bergerak dan mengeluarkan skill saat ter-stun. Contohnya skill impale-nya Lion, efek stun pada skill ini tidak mempan bagi hero yang sedang kebal magic, atau yang dalam pengaruh linken's shperee. Efek stun yang dilemparkan hero mempunyai misil ( Misal : Sven dengan palu listriknya) sehingga dapat dihindari dengan skill sejenis blink dan windwalk pada waktu yang tepat. Tapi ada juga yang tak bermisil, jadi kesempatan kenanya hampir 100%. Contohnya Fire Blast Ogre Magi yang langsung berefek saat Anda mengklik hero lawan. Hampir sebagian hero mempunyai efek ini dan biasanya berdurasi 3 detik. Untuk efek stun passive, seperti Bash baik skill maupun item Cranium dan MKB juga tidak mempan ke hero yang kebal magic. Dan perlu diingat Cranium dan Bash passive itu donot stack. Jadi salah satu tidak akan berefek. Ada juga ministun, stun yang kurang dari atau sama dengan 0,1 detik. Semua efek stun dapat menggagalkan Chaneling spell.

Impale stun with a misil
Small grey circle is vision of stun


Slow
Biasanya efek slow dibarengi dengan damage yang relatif besar walaupun ada juga yang tidak berdamage. Efek Slow juga biasanya dibarengi efek poison, kutukan, dll yang bisa melemahkan hero kita. Banyak hero mempunyai efek slow. Contoh venomancer yang punya 2 skill berefek slow racun sama juga dengan Viper. Tipe -tipe hero pengejar biasanya punya skill berefek slow. Baik itu slow movement speed ataupun slow attack speed. Mangix punya keduanya dalam skill berefect slownya, thunder clap. Sayangnya slow tidak dapat menggagalkan Chaneling spell.

Thunder Clap slowing neutrals creep


Echanted
Bukan skill nya Echantress tapi efek dimana hero tidak dapat menyerang dan bergerak dari tempat tersebut. Biasanya disertai damage yang yahud dan dalam jangka waktu panjang. Tetapi kelemahannya lumayan banyak, yaitu hero musuh tetap bisa mengeluarkan skill, tidak mempan pada hero yang kebal magic, dan tidak bisa menggagalkan chaneling spell. Skill dengan efek ini adalah Over Growth milik Roftelen. Skill berefek Enchanted passive dimiliki Beruangnya Syllabear. Dan perlu diketahui Frost Bite-nya Rylai termasuk efek Enchanted. Untuk memaksimalkan fungsi efek echanted gunakan combo dengan hero yang dapat men-silent musuh.
Enchanted artinya terikat dalam bahasa Indonesia. Jadi skill Naga Siren yaitu Enshare dan skill berjenis sama dari hero lain (yang melemparkan tali-tali untuk menjebak musuh) termasuk dalam Efek Echanted. Tapi kelebihannya, musuh yang menggunakan Windwalk atau sejenisnya tidak akan menghilang dan masih dapat kita serang.

Over Growth make creep echanted


Sleep
Sleep adalah dimana hero yang terkena status efek ini akan tertidur. Ada 2 hero yang menguasai skill berefek ini, yaitu Song of Siren dari Naga Siren dan Nightmare dari Bane. Hero yang tertidur tidak dapat diserang, tidak bisa kena magic, alias invurniable. Tapi juga tidak bisa bergerak, megeluarkan skill, bahkan menyerang. Perkecualian untuk nightmare, barang siapa memukul hero yang lagi dalam status efek ini, dia lah yang akan tertidur kemudian kena damage. Dan Nightmare dapat diberikan kepada siapa saja, baik lawan mupun kawan bahkan ke diri sendiri pun bisa. Sleep dapat menggagalkan chaneling spell.

Sleeping ugly


Sillent
Skill super sillent punya Nortom yaitu Global silent tidak terlalu berpengaruh terhadap struktur permainan. Namun bila dikombo dengan efek auranya maka akan menjadi sillent yang mematikan. Sillent adalah efek agar para hero atau pun unitnya tidak dapat mengeluarkan skill. Ada sillent khusus skill active saja seperti punya Strygwyr yaitu Blood Rage sedangkan skill passive dan skill item tetap bisa digunakan. Terjadi juga pada Smoke Screen-nya Rikimaru. Campuran antara Damage over time dengan silent, yaitu Doom, punyanya Lucifer. Doom merupakan Skill sillent efek paling komplit. Hehehe mengerikan, sillent segala-galanya, dengan damage yang segede-gedenya.
Global silent silent neutral creep

Remove From The Play
Status efek remove from the play adalah memindahkan hero dari arena permainan (seperti yugioh) dalam beberapa detik saja. Sehingga hero yang terkena efek ini tidak dapat diserang dan terkena skill . Contoh hero yang mempunyai Harbringer yaitu Astral Prison yang meremove hero lawan atau kawan bahkan diri sendiri dari arena. Dengan mengambil beberapa Intelegentnya dalam beberapa detik. Skill ini berefek status sama dengan efek Cyclone dari skill item Eul's Scepter dan Skill hero Invoker. Kelebihan dari skill ini sama dengan efek pause. Hero yang terkena Remove from the play akan terpause selama dalam keadaan tersebut, tapi bedanya hero itu terpause dalam keadaan invurniable. Remove from the play dapat menggagalkan chanelling spell.
Use astral imprisont to remove from the play it self

Wah capek ngetiknya.... . Nah segitu dulu ya tentang status efeknya. Kita sambung nanti di part 2. Hehehe :DD. Sambil menunggu kelanjutannya silahkan dicoba dulu menggunakan atau terkena efeknya. Sudah bisakan bermain DotA? Oke kapan-kapan aku tunggu di Server Oxygamers. Kalau belum punya ID battleNET-nya blog temanku punya caranya : Cara membuat IP dota

No comments:

Popular Posts