Announcement

I HAVE START TO REMAKE THIS BLOG
but you still can read my old post (just search it)

Wednesday, September 1, 2010

Tutorial Photoshop - Polar Coordinate

Tutorial Photoshop ini lumayan unik, karena sebenarnya simple tapi kayaknya ribet. Sebenarnya kalau anda sudah ahli dalam mengatur layer. Baik menduplikat layer, menghapus, menggunakan fungsi EDIT pada photoshop akan sangat mudah mengikuti tutorial ini.
Bagi yang belum bisa juga dapat mengikuti tutorial ini dengan baik. Karena jika anda mengalami kesulitan dalam berbagai tutorial KULUKBELOG, anda cukup memberikan comment di bawah postingannya.
Nah, kita mulai saja tutorialnya, buka photoshop Anda dan buka inspirasi Anda seluas-luasnya.






_______________________________________________________________________________
Anda harus membiasakan menggunakan pen tool lho!
1) Cari foto yang portait. Aslinya sih harusnya pake foto yang landscape, tapi gara-gara ada foto orang keren. Yah pake yang ini saja degh. (:D hahaha). Seleksi dengan pen tool, setelah semua bagian terseleksi > klik kanan > make selection > OK. Maka akan muncul garis putus-putus, kemudian tekan CTRL J untuk menduplicate gambar yang tadi terseleksi. Delete layer yang lain!
_______________________________________________________________________________

Sekarang Gunakan Perintah EDIT
2) Hasil duplicatan yang tadi sekarang diduplicatin lagi dengan CTRL J. Kemudian hasilnya seret ke kanan dengan move tool (lihat gambar). Kemudian clik layer hasil duplicat tersebut. Edit > Transform > Flip Horizontal. Mau ga hasilnya seperi gambar yang terakhir?
_______________________________________________________________________________

Anda harus mencopy layernya berkali-kali
3) Sebelumnya anda harus mengatur canvas size nya. Caranya : Image > Canvas size atau gunakan ALT CTRL C. Rubah ukuran widht: 1024 pixel ; height: 768 pixel. Delete backround putihnya Click backround-nya > Delete. Kemudian duplicate dua layer tadi dengan CTRL J kemudian atur besar kecilnya dengan CTRL T. Sisakan bagian bawah canvas untuk bagian bulatnya nanti.
______________________________________________________________________________

Gunakan foto rumput atau air untuk dijadikan bulatannya
4) Kemudian tambah bagian bawah canvas dengan gambar rumput, gambar yang lain juga tidak apa-apa. Asalkan warnanya lembut. Agar tidak sakit bila nanti dilihat mata. Kalau gambar rumputnya tidak cukup gunakan CTRL J untuk menduplicate kemudian taruh disampingnya, sampai penuh (lihat gambar).Kalau gambarnya kebesaran, seleksi dengan Retangular Marque > CTRL J > delete layer aslinya. Setelah itu baru ikuti gambar diatas, klik IMAGE > TRIM > Transparant pixel > OK. Lalu klik IMAGE > IMAGE ROTATION 180O, agar terbalik seperti gambar di atas.
_______________________________________________________________________________

Bulatkan Elipsnya
5)  Gabungkan semua layer. Caranya blok semua layer kemudian klik kanan MERGE Layer. Kemudian klik FILTER > DISTORT > POLAR COORDINATES. Atur agar bulatnya sempurna. Dengan menggunakan CTRL T. Tarik-tarik agar menjadi bulat sempurna.
_______________________________________________________________________________

Sekarang beri backround dengan warna-warna soft
6) Sekarang gunakan Retangel tool untuk membuat backround, lihat BAGIAN UNTUK MENGATUR TOOLSNYA (di gambar diatas) harus seperti itu ya! kalau belum click saja agar tertekan seperti di atas. Nah untuk menambahkan efek gradien radial seperti pada foto yang paling atas. Caranya : Clik kanan pada layer hasil retangel tool > Blending options > gradien overlay > ganti linear jadi radial > clik 2x warnanya > pilih warna dengan menekan kotak pada ujung-ujung gradiennya.
______________________________________________________________________________

Hasilnya seperti berikut:

Bagus bukan??? Anda juga bisa menggunakan foto landscape tentu saja caranya menjadi lebih mudah. Anda tinggal membalikan 180 derajat imagenya kemudian di Polar coordinates. Hehe ternyata memang lebih mudah menggunakan foto yang landscape. Tapi ada tantangannya dung pake foto portait! SALAM BELoGER!

Artikel Terkait :

Membuat Cover dengan Photoshop
Tutorial Photoshop - Efek Foto Cermin
Teori Membuat Cover Buku yang Baik

 

No comments:

Popular Posts