Announcement

I HAVE START TO REMAKE THIS BLOG
but you still can read my old post (just search it)

Sunday, October 3, 2010

DotA 6.68 Status Effect Review Part 2

Setelah lama menunggu, ini adalah lanjutan dari DotA 6.68 Status Effect Review Part 1. Informasi yang part 2 mungkin akan terlihat lebih spesifik dan lebih mendalam, karena di dalam-nya terdapat rahasia-rahasia penting lho!
Tidak lupa, bahwa bukan cuma status efek ini saja yang ada dalam DotA. Masih banyak status lain yang mungkin belum disadari.
Ada kabar terbaru mengenai Map 6.67 ai rev.d, bisa di download disini.  Download DotA 6.67b AI Rev2d Map Download



Tracked
Status efek ini membuat hero menjadi ditandai. Hero yang sudah ditandai akan selalu terlihat di MAP. Biasanya diselingi dengan status min armor atau status lain yang menguntungkan si tracker. Pada hal ini contohnya skill track punya Bounty Hunter, assasinate punya Kardel, dll. Track juga ada yang efek tambahannya aktif jika si tracker melakukan sesuatu, contohnya Charge of DarKness-nya Barathum. Ada juga skill sejenis track tapi passive, contohnya Strygwyr's Tristy (bloodseeker). Tapi khusus Strygwyr's Tristy tidak mampu melihat invincible unit walaupun di map terlihat. Status tracked ini dapat dihilangkan dengan mengaktifkan skill yang meremove negatif status, salah satunya purge (diffusal blade maupun skill).
Sladar give Amplify Damage to Gnoll

Damage Over Time
Terkena damage perdetik dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Banyak skill menggunakan efek ini. Contohnya poison nova, doom, poison attack, maledict, battle hunger, dll. Efeknya sangat bervariasi dan biasanya dicampur dengan efek-efek lain. Maledict (Witch doctor) contohnya, hero yang kena efek ini akan mengalami status terkena damage berdasarkan dampak serangan saat masih terkena efek ini. Sehingga semakin besar dampak serangannya, damage over time akan semakin besar damagenya. Status ini juga dapat diremove oleh skill yang menonaktfkan negatif status, seperti apothic shield (Arvernus).
Venomancer attack with poison nova

Aura
Kalau kamu berdekatan dengan hero lawan atau hero teman, biasanya ada status yang kamu dapat. Bisa saja status jelek atau bagus. Itulah yang dinamakan aura. Aura itu seperti skill yang berimbas kepada unit-unit didekatnya. Tapi ada aura yang khusus ke semua hero walaupun jaraknya berjauhan (Crystal Maiden). Aura juga terdapat pada item-item. Seperti vladimir's offering, ring of bacillius, dll. Dengan menggunakan aura mempermudah pengguna dan teman serta melemahkan lawan sehingga permainan akan saling menguntungkan satu dengan yang lain. Nah, ada contoh aura damage yang kalau digabung akan jadi mengerikan. Coba saja pakai Traxex, Luna, dan Vengeful. Naikan skill auranya, lihat damage yang tercipta, mantapkan! Tapi kelemahan skill aura adalah sulit mengendalikan creep, Creep kita akan lebih kuat sehingga akan lebih sering mendekat ke tower lawan. Dalam keadaan ini akan sulit membunuh hero lawan. Pada aura yang memberikan efek negatif pada lawan, lawan akan mengetahui keberadaan kita dengan melihat status mereka, walaupun dalam keadaan invincible.
See the aura of Vladimir's offering

Knockback
Mundur mundur mundur terus tanpa bisa berkutik, knockback itu namanya. Visual efeknya seperti terdorong ke belakang disertai asap. Knockback terdapat pada skill Greater Bash-nya Barathum dan adatif strike(strength)-nya Morpling(tidak ada efek asap). Juga terdapat dalam item baru, Force Staf. Di Force staf Knock-nya menjadi knockforward sebab ke arah mana pun hero yang di kenai efek force staf akan maju ke depan sepanjang 600 range. Jika terkena Knockback, hero tidak dapat menyerang dan mengeluarkan spell. Hampir sama seperti pause dan stun. Knockback juga dapat menggagalkan chanelling spell. Jika ada hero yang terkena knockback di dekat pohon maka pohon-pohon disekitarnya akan tumbang. Sedangkan jika di terrain yang tidak rata, maka hero yang terkena knockback(barathum) akan tersangkut. Itu karena knockback Barathum hanya 260 range, sehinnga tidak dapat melewati terrain yang tidak rata.
Barathum Knock back the creep

Etherealed/Banished
Etherealed adalah status yang mengakibatkan hero tidak bisa menyerang dan diserang serta melambatkan movement speed. Hero yang menjadi Ethereal dapat mengeluarkan skill dan skill item tapi terkena damage lebih besar dari magic. Item yang mempunyai efek Etherealed/banished adalah ghost scepter dan Ethereal Blade. Visual efeknya, yaitu unit akan berubah menjadi hijau transparant disertai dengan cahaya merah berputar-putar. Hitung saja jika damage magic adalah 300 kemudian di tambah 40 % dari efek Ethereal maka 300 + (300*40%) = 420 damage.
Rahasia mengenai Ethereal. Dalam game warcraft dikenal banyak tipe serangan, nah salah satunya tipe serangan magic. Tipe serangan magic inilah yang bisa menyerang Etherealed unit. Dalam game DotA tidak ada satupun unit yang bertipe serangan magic. Tapi ada item yang membuat tipe serangan menjadi tipe magic. Item itu adalah stygian desolator. Dengan efek orb dan buff palcernya kita dapat menyerang Ethereal unit. Mau tahu rasia yang lain, lihat page fact on DotA.
Pugna Etherealed him self

Avatar
Sebernarnya efek ini hanya dipunyai satu hero dalam warcraft. Tapi di dalam DotA, skill ini menjadi skill item yang bernama Black King Bar. Coba perhatikan visual efek dari BKB pasti terlihat seperti Zeus yang membesar, disertai dengan membesarnya tubuh si pemakai. Pemakai menjadi kebal terhadap magic. Efeknya sama seperti Repel-nya holiknight/Purist. Tapi sayangnya status Avatar bisa dihilangkan dengan menggunakan purge atau skill lain yang meremove status buffs. Dan dapat terkena efek Echanted area, tapi hero yang ter-echanted dapat lepas dengan Avatar. Avatar sebenarnya dipunyai oleh naix yang dulu. Tapi sekarang tidak ada yang punya skill itu. Avatar biasanya dikolaborasikan dengan skill chanelling spell sehingga tidak akan gagal bila terkena status lain, kecuali pause tentunya.
Sladar get avatared and get bigger than Barathum

Shackle
Shackles membuat hero yang terkena efek ini mengalami status tidak bisa menyerang, bergerak, ataupun mengeluarkan skill. Hampir sama seperti pause, skill ini bisa menggagalkan chanelling spell. Shackles punya kegunaan sebagai assist hero-hero killer yang menjadi teman. Karena biasanya Shackles mempunyai waktu ikat yang cukup lama. Contoh skill yang berefek ini adalah shackles-nya Rasta dan Flamming Lasso-nya Bat Rider. Hero ini menjadi sangat berguna karena skill dengan status efek ini. Oh ya.. Kelebihan Shackle juga bisa mengenai hero yang kebal magic. Tapi Justru karena efeknya yang bagus hero yang menggunakan skill ini mengalami sedikit keterbatasan. Shackels(rasta) bersifat chanelling sehingga mudah digagalkan, sedangkan Flaming Lasso(Bat Rider) tidak bersifat chanelling tapi bila diseret melalui terain yang tidak rata, maka talinya akan putus.
Rasta Shackle A creeps

Purge
Hero yang terkena purge akan kehilangan semua status efeknya. Baik diarahkan ke hero lawan atau teman. Bedanya jika diarahkan ke hero lawan, hero lawan akan kena efek slow movement speed. Purge sangat bermanfaat untuk memperlambat lawan dan menghilangkan status yang tidak menguntungkan. Contohnya saja jika anda sebagai Rikimaru diTrack oleh Gondar dan anda membawa diffusal blade. Gunakan diffusal blade ke diri sendiri saat Gondar selesai mentrack. Maka secara otomatis status track akan hilang, kemudian anda bisa invincible lagi dalam beberapa detik. Bisa dimanfaatkan juga untuk status lain, seperti damage over time dan slow. Intinya kalau kena skill berefek jangan panik dan coba putar otak biar bisa keluar dari masalah tersebut. Efek purge akan berefek sama dengan skill ulti Gorgon, Stone Gaze.
Rikimaru purge the Centaur Khan, it will be remove all status

Hex
Merubah hero atau unit lain menjadi binatang kecil tak berdaya, tidak dapat mengeluarkan skill, menyerang, dan slow movement speed. Skill dari item-item juga tidak bisa dipakai. Kecuali skill berefek status aura, atau yang passive. Contohnya saja Lycantrope dalam shift form akan tetap bisa berlari 522 walaupun di hex. Jadi seperti ayam ungu yang berlari cepat, secepat kilat. Hex dipunyai item bernama Guinsoo dan Hero, yaitu Rhasta dan Lion. Skillnya bernama vodoo. Hex ini berguna untuk mencegah lawan lari, mengeluarkan skill atau menyerang hero kita. Sehingga sering digunakan untuk menghadapi hero-hero killler yang skill-skillnya mematikan.
Rhasta vodoo the Creep to a Phatetic Creature

Invinsible
DAMN! Diserang hero ga jelas dari belakang. SHIT! Lagi dikit aja mati tapi malah ngilang. Invinsiblelity adalah status hero dimana hero itu menghilang dan tidak dapat dilihat oleh musuh. Baik melalui MAP. Tapi setelah hero yang Invinsible itu menyerang, terstun area,  atau mengeluarkan skill, hero itu akan terlihat kembali. Lebih sering dikenal para gamer dengan nama windwalk. Item yang menggunakan efek windwalk adalah Lothar's Edge. Dengan lothar kita tidak hanya dapat menghilang, tapi bonus backstab damage ketika menyerang lawan pada saat dalam status invinsible. Passive skill dari invinsible dipunyai Rikimaru, Permanent Invinsible. Dan untuk menghilang kembali setelah terakhir menyerang adalah 3 > 2,2 > 1,5 detik (seingatku). Invinsible digunakan juga untuk mengagetkan lawan yang sedang berleha-leha ria. Perlu diingat saat distun, pause, atau echanted, kamu tidak bisa menghilang.
Gondar use Windwalk, prepare to Gerillya

Segitu dulu ya para BELOGER! Sebenarnya masih banyak status efek di Dota yang masih dapat di perbincangkan. Seiring semakin banyak skill-skill baru yang unik. Sering bermain membuat semakin banyak orang yakin bahwa DotA tidak akan berhenti, dan terus melaju seiring peradaban manusia.

Mungkin ketidaksempurnaan postingan ini tidak mempersulit dan bahkan dapat membantu Beoger semua.  Terima kasih telah berkunjung di Kulukbelog. Baca posting lain ya teman-teman!

No comments:

Popular Posts