Announcement

I HAVE START TO REMAKE THIS BLOG
but you still can read my old post (just search it)

Tuesday, August 17, 2010

Madyapadma Journalistic Park - 13 Buku Dalam Sehari


Ini adalah buku-buku hasil kreatifitas anak-anak Madyapadma. Sebuah extra kulikuler di SMA Negeri 3 Denpasar. Modal yang seharusnya dikeluarkan adalah Rp 87.000.000,00 jika dicetak di penerbit, tetapi dengan modal keberanian dan usaha yang keras berjuang meng-layout sampai malam hari, nge-print digital sendiri sehingga biaya yang harus dikeluarkan menjadi berkisar Rp 7 jutaan. Akhirnya pada tanggal 13 Agustus 2010, bertepatan saat PRESSLIST 2010 ke-13 buku ini diluncurkan. Dukungan Anda memotifasi generasi-generasi berikutnya untuk terus berkarya.



“Untuk Apa Ke Sekolah” (vi + 92 halaman) Rp 59.000,00.
Untuk apa ke sekolah? Adalah pertanyaan ringan yang membutuhkan jawaban yang dalam. Sebab secara turun temurun kita telah menyadari bahwa untuk menjadi manusia yang cerdas dan sukses, sekolah adalah hal utama yang harus dituntaskan. Namun, terlepas daripada itu, selama ini sudahkah sistem sekolah telah mencukupi untuk membentuk manusia yang handal, cerdas dan berbudi pekerti luhur. Tulisan lain yang terkumpul dalam “Untuk Apa Pergi ke Sekolah” antara lain “Pendidikan Murah dan Berkualitas”, “Menanti Sebuah Wacana Menjadi Realita, Sekolah Perlu Intensifkan Praktikum Kimia” dimana topiknya tak lepas dari masalah pendidikan dan tulisan-tulisan lainnya, yang salah satunya tentu tulisan yang berjudul ”Untuk Apa ke Sekolah?” Buku ini merupakan bunga rampai tulisan anggota dan pengurus Madyapadma Journalistic Park.


Sang Jara (seri ilmiah) (viii + 100 halaman) Rp 40.000,00

Buku ”Sang Juara” ini merupakan buku hasil riset yang kemudian mengantarkan tim Madyapadma menjadi juara dalam lomba-lomba LKTI. Ketiga riset itu antara lain “Kajian Penerapan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meredam Konflik Sesama Orang Bali (riset media 1997-2008)”; “Kombinasi Tanaman (Cucuma Domestica Val.), Sirih (Piper Betle L.) Dengan Madu Sebagai Formula Untuk Mengobati Penyakit Maag”; dan ”Potensi Tanaman Sirih (Piper betle L.) sebagai Sumber Pestisida Nabati Untuk Menunjang Pertanian Organik yang Berkelanjutan”.


Jejak Bali Di Tangan Pelajar (v + 109 halaman) Rp 34.800,00 
Sesuai judulnya, buku ini adalah tulisan – tulisan mengenai Bali melalui penilaian pelajar. Tidak hanya membahas Bali sebagai pulau wisata seperti dalam tulisan ”Dampak Sceto Plan”, namun juga mengulas mengenai adat leluhur yang dibahas dalam ”Kembar Buncing, Adat Kaku Peninggalan Masa Lalu.” Dan, beragam tulisan kritis pelajar atau remaja dalam melihat sosok Bali sebagai Bali yang indah semata, melainkan sosok hitam putih Bali yang menggoda mereka untuk menuliskan pandangannya secara kritis. Buku ini adalah bunga rampai dari penulis-penulis yang tergabung dalam Madyapadma Journalistic Park –SMAN 3 Denpasar.


Riset Unik Tentang Bali (Seri Ilmiah) (viii + 93 halaman) Rp 31.600,00
Buku ini tentang riset-riset unik seputar Bali. Antara lain riset dari Ni Wayan Oktariani yang meneliti berapa biaya yang dikeluarkan orang Bali setiap tahunnya untuk banten hari raya Galungan-Kuningan. Dari hasil risetnya angkanya mencapai triliunan rupiah.
Ada juga riset unik tentang benarkah dewasa ayu atau hari baik itu sebenarnya ilmiah? Untuk itu Putri dkk melakukan riset dewasa ayu orang ngaben, nikah, potong gigi selama 10 tahun, tanggal-tanggal hari baik itu kemudian dicocokkan dengan data cuaca yang diambil dari BMKG. Hasilnya 70 % lebih hari baik itu termasuk hari yang cerah sesuai lima kriteria. Bahkan kalo kriteria diturunkan 4 dari 5 lima kriteria sudah dipenuhi dianggap memenuhi syarat, maka hasilnya sekitar 80 % - 90 % dewasa ayu itu tepat harinya cerah.

Cintaku Berat di Ongkos (vi + 83 halaman) Rp 54.500,00.
Kumpulan tulisan selama hampir tiga tahun di Madyapadma Journalistic Park dari seorang Dewa Ayu Widyastiti Sravistha ini terdiri dari tulisan dengan tema yang beragam. Namun sebagai seorang siswi dari kelas sosial, Widya lebih banyak mengangkat tema sosial, seperti “Produksi Kreatif Untuk Ekonomi dan Pendidikan Bangsa”, “Indonesia Pancasila Antara Otak dan Moral” dan “Humaniora-Eksakta: Ilmu yang Berbeda tetapi Satu”. Namun sebagai seorang gadis yang baru beranjak remaja, Widya tentu tak lepas dari fenomena dunia remajanya. Ini tertuang dari tulisannya yang juga menjadi judul dari buku ini, yaitu ”Cintaku Berat di Ongkos”.


Peradaban Air Sepanjang Tukad Pakerisan (sejak era Bali kuno hingga kini) (vii + 108 halaman) Rp 34.600,00
Buku ini berisikan tentang hubungan keberadaan situs-situs arkeologi yang terdapat di sepanjang Tukad Pekerisan dengan peradaban (kesantunan) terhadap nilai yang berkembang sejak era bali kuno hingga kini. Tukan Pakerisan adalah salah satu dari 162 sungai di Bali yang secara kosmologis mengalair dari perbukitan Kintamani. Tukad yang memiliki panjang 45,22 km dengan DAS 68,54 km2 ini sepanjang alirannya terdapat situs Tirtha Empul, Candi Yeh Mangening, Candi Tebing Gunung Kawi, Campuan, Tampak Siring, Candi Tebing Kerobokan, Candi Pengukur-ukuran serta Candi Tebing Tegal Linggah. Dalam buku ini, penulis yang masih pelajar SMA telah meneliti keterkaitan situs-situs itu dengan peradaban air serta persepsi masyarakat setempat yang masih melestarikan sumber mata air. Terbukti dengan adanya ritual pemujaan terhadap air atau tirtha (niskala) serta upaya nyata pelestarian situs-situs arkeologi tersebut (sekala).

Biopestisida (Seri Imiah) (vi + 68 halaman) Rp 47.000,00
Buku ini membahas tentang khasiat berbagai tanaman untuk menghambat penyakit busuk lunak pada tanaman lidah buaya. Ketiga tulisan tersebut adalah Potensi Pemanfaatan Ekstrak Daun Dadap Serep (Erythirna subumbrans(Hask)Merr) Untuk Menghambat Pertumbuhan Bakteri Erwinia carotovora Penyebab Penyakit Busuk Lunak Pada Lidah Buaya (Aloevera barbadensis milleer); Uji Daya Hambat Dan Mekanisme Penghambatan Ekstrak Daun Alamanda (Allamanda cathartica L.) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Erwinia carotovora Penyebab Penyakit Busuk Lunak Tanaman Lidah Buaya (Aloe vera barbadensis Milleer); Uji Daya Hambat dan Mekanisme Penghambatan Ekstrak Bunga Teratai Putih (Nymphaea alba) Terhadap Pertumbuhan Bakteri Erwinia carotovora Sebagai Penyebab Penyakit Busuk Lunak pada Tanaman Lidah Buaya (Aloevera barbadensis Miller.)

Penelitian-penelitian itu merupakan penelitian yang dilakukan anggota dan pengurus Madyapadma Journalistic Park dengan meminjam laboratorium di Laboratorium Biopestisida Fak. Pertanian

Jejak Juara Di Lingkungan (seri ilmiah) ( viii+84 halaman) Rp 30.000,00
Buku ini adalah kumpulan karya tulis ilmiah yang pernah menjuarai ajang karya tulis nasional. Tulisan – tulisan ini mengulas tentang manfaat tumbuhan sebagai solusi berbagai permasalahan lingkungan dan manusia. Tiga karya tulis ilmiah itu adalah “Model Teknik Pengolahan Limbah Industri Garmen Secara Bio-Fisika yang Ekonomis dan Ramah Lingkungan dengan Memanfaatkan Kemampuan Tumbuhan Eceng Gondok ( Eichornia crassipes ) yang Efektif dan Efisien”, “Meningkatkan Nilai Guna Tumbuhan Byah-byah (Monochoria vaginalis (Burn.f) Prest ) dari Tumbuhan Gulma dan Pakan Ternak Menjadi Sayuran yang Layak di Konsumsi Manusia” dan “Kombinasi Tanaman Kunyit (Curcuma domestica VAL.) , Sirih (Piper betle L.) dengan Madu sebagai Formula untuk Mencegah Penyakit Kanker Lambung”.  







“Mr. Dollar” (viii + 72 halaman) Rp 54.500,00  Mr. Dollar adalah buku dengan kumpulan tulisan – tulisan dari seorang Desak Putu Diah Dharmapatni (Tim Madyapadma Journalistic Park). Seorang penulis yang mengambil jurusan Bahasa di bangku SMA ini. Selama hampir tiga tahun di SMAN 3 Denpasar telah beragam tulisan dihasilkan, diantaranya, Mr. Dollar yang juga menjadi judul dari buku ini. Mr. Dollar adalah tulisan dengan latar belakang pendidikan dan seorang guru yang kerap membayar nilai dengan uang. Selain itu, ada pula tulisan yang masih berbau pendidikan yakni, “Guru Juga Manusia”. Disamping mengangkat tema pendidikan, tulisan Diah juga membahas mengenai permasalahan remaja, salah satunya “Kisah Cinta di Sekolah”. Dengan membaca buku ini, kita akan melihat apa yang sebenarnya sering menjadi keluhan banyak remaja Program Pasca Sarjana Unud.

“PR Bagi Legislator” (vi + 90 halaman) Rp 31.000,00
Sesuai dengan judul bukunya, buku ini berisikan tulisn – tulisan yang mengkritisi anggota legislatif dari berbagai sudut pandang. Kebanyakan dari tulisan ini berlatar belakang lingkungan Bali. Misalnya, “Tata Ruang Bali Amburadul, Siapa yang Dibodohi?”, “Jangan Sampai Menjual Bali” dan “Tata Ruang Bali : Inginkan Ketegasan bukan Revisi”. Di samping itu ada pula yang bertemakan politik dan pendidikan. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari beberapa penulis anggota Madyapadma Journalistic Park tentang keprihatinan mereka akan kualitas legislator Bali. 


Ekonomi Kreatif (vi +68 halaman) Rp 26.600,00
Buku ini adalah kumpulan tulisan dalam Koran dinding pada lomba di Fak. Ekonomi Unud tahun 2009. Ketika itu dari tiga tim kelas satu yang dikirim, hasilnya adalah sebagai juara pertama, juara kedua dan juara keempat. Ketika itu tema lomba adalah ekonomi kreatif. Dan ketiga tim mengangkat masing-masing bisnis penerbitan buku, bisnis radio dan bisnis kerajinan. Tulisan – tulisan dalam buku ini cukup menginspirasi kita khususnya dalam berwirausaha. Selain itu terdapat juga Koran Dinding pada lomba di Fak. Ekonomi Tahun 2008.



Ketika Remaja Bicara Pertanian (v +63 halaman) Rp 25.800,00  Buku ini adalah kumpulan dari artikel dan esai bertajuk pertanian. Namun tak sekedar membahas masalah pertanian di Indonesia, tapi juga turut memberi alternatif dalam membangkitkan pertanian Indonesia yang notabene merupakan negara agraris. Tulisan – tulisan yang dimuat dalam buku ini antara lain : “Agroindustri Tanaman Aloevera, Menembus Pasar Dunia”, “Indonesia Perlu Waktu, Untuk Menerapkan Pangan Sebagai Sumber Energi”, “Drip Irrigation, Sebuah Terobosan Efisiensi Irigasi”, Optimalisasi Kopi Luwak Dalam Agroindustri Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Dunia, dan masih banyak lagi. Buku ini merupakan kumpulan tulisan dari beberapa penulis anggota Madyapadma Journalistic Park tentang bentuk kepedulian, pemikiran dan pandangan mereka seputar pertanian di Indonesia 



Yang Unik, Yang Juara (seri ilmiah) (vii + 72 halaman) Rp 27.400,00

Buku Yang Unik, Yang Juara ini adalah kumpulan tulisan dari I Gusti Agung Paramitha Eka Putri dan Disa Saraswati serta Ni Wayan Devi Aprianti dkk. Ketiga tulisan hasil riset ini sempat mengukir prestasi. Tulisan I Gusti Agung Paramitha Eka Putri yang mengangkat seputar penerapan rumah arsitektur Bali yang ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan AC meraih peringkat enam dalam lomba LKTI lingkungan tingkat nasional yang diselenggarakan Depdiknas. Kemudian tulisan Disa Saraswati tentang Subak Agung kaitannya dengan kelestarian lingkungan dan mencegah konflik meraih juara kedua dalam lomba LKTI tingkat nasional yang diselenggarakan Depdiknas bekerjasama dengan Dep. Pariwisata. Serta riset media selama sepuluh tahun tentang sikap multikultur orang Bali pasca bom Bali yang dilakukan Ni Wayan Devi Aprianti dkk meraih juara kelima lomba LKTI se-Bali yang diselenggarakan oleh Undiksha. Ketiga penelitian mereka merupakan penelitian-penelitian unik yang mampu mengantarkan mereka menjadi juara. Sekaligus riset unik yang perlu mendapat apresiasi.


Contact Person 
Devi (085237016659), Utama (085739182991)
Web : http://www.madyapadma-online.com/ | Madyapadma Online
Email and Facebook : devi_aprianti23@yahoo.com
Address: SMA Negeri 3 Denpasar, Jl Nusa Indah 20X Denpasar, Bali Indonesia

Atau, taruh alamat emailmu di koment posting ini! Or, fill your e-mail on this posting's coment!

No comments:

Popular Posts